Contact Us

Become a member

Get the best offers and updates relating to Liberty Case News.

Bagaimana cara bekerja di bali? berikut panduan lengkapnya

Bali bukan hanya destinasi wisata, dengan keindahan alam yang menakjubkan dan kehidupan di bali yang sangat menyenangkan, tetapi juga menjadi tempat impian bagi banyak...
HomeDIgitalJenis-jenis digital marketing yang wajib diketahui untuk strategi bisnis online 2025

Jenis-jenis digital marketing yang wajib diketahui untuk strategi bisnis online 2025

jenis-jenis digital marketing telah menjadi pilar utama dalam dunia bisnis , seiring berkembangnya teknologi dan perubahan perilaku konsumen, pemasaran digital menawarkan berbagai metode yang efektif untuk menjangkau audiens secara luas dan tepat sasaran, banyak pemasaran yang menggunakan media digital dan internet untuk mempromosikan produk, layanan, atau brand kepada audiens. Berbeda dengan pemasaran tradisional yang mengandalkan media cetak, televisi, atau radio, digital marketing mengandalkan platform online seperti:

  • Website
  • Media sosial (instagram, facebook, tiktok, linkedin)
  • Mesin pencari (google, bing)
  • Email
  • Aplikasi mobile

Digital marketing juga terus berkembang seiring dengan perubahan teknologi dan perilaku konsumen. Oleh karena itu, bisnis yang ingin tetap relevan perlu memahami dan strategi digital marketing 

1. Search engine optimization (SEO)

SEO adalah optimasi website agar muncul di halaman teratas mesin pencari seperti google, tujuan nya adalah untuk meningkatkan traffic organik melalui pengguna kata kunci yang relevan, kualitas konten yang baik, serta website yang cepat dan ramah pengguna

Ada dua jenis dalam SEO:

  • On-page SEO: fokus pada elemen di dalam website seperti konten, judul, meta tag, dan struktur URL
  • Off-page SEO: fokus pada faktor eksternal seperti backlink dan engagement di media sosial
Manfaat seo untuk bisnisElemen penting  dalam seo
Trafik yang konsisten & berkualitasRiset kata kunci 
Meningkatkan kepercayaan & kredibilitasOptimasi on-page
Efisiensi biaya jangka panjang Konten berkualitas & seo teknis
Keunggulan kompetitif Backlink & autoritas domain 

2. Search engine ,marketing (SEM)

SEM adalah bentuk pemasaran iklan berbayar melalui mesin pencari, iklan yang tampil dio google ads atau bing ads membantu meningkatkan fisibilitas dengan cepat, SEM sangat memungkinkan untuk bisnis yang ingin mendapatkan traffic secara instan dan bisa mengukur hasil dengan jelas melalui data dan analitik

Kelebihan SEM:

  • Bisa di targetkan secara spesifik seperti lokasi, usia, minat
  • Cocok untuk kampanye penjualan jangka pendek

3. Sosial media marketing

Sosial media marketing menggunakan platform seperti facebook, instagram, tiktok, linkedin, untuk membangun brand awareness, berinteraksi langsung dengan audiens dan meningkatkan penjualan, contoh aktivitas di sosial media marketing, seperti membuat konten visual dan konten yang menarik untuk menarik perhatian audiens, sering mengadakan giveaway untuk followers lama, supaya bisa berinteraksi langsung dengan audiens

4. Content marketing

Content marketing berfokus pada pembuatan dan distribusi konten yang bernilai dan relevan untuk menarik perhatian audiens, bentuk kontennya bisa berupa artikel blok, infografis, video, e-book, tujuan content marketing untuk membngun kepercayaan pada brand dan meningkatkan brand authority

Komponen penting content marketing:

  • Menentukan strategi konten: menentukan tujuan yang jelas seperti meningkatkan kesadaran merek dan menghasilkan prospek, untuk meningkatkan penjualan 
  • Penelitian dan analisis audiens: Memahami target audiens melakukan riset untuk mengetahui siapa target audiens apa minat dan kebutuhan mereka dan cara terbaik menjangkau mereka, 
  • Membuat konten berkualitas:relevansi konten harus sesuai dengan minat  dan kebutuhan audiens merencanakan konten yang edukatif, atau menghibur dan bagus dari segi topik, format, serta buatlah  konten yang sederhana / sesimple mungkin tapi mudah dipahami dan tidak membosankan  

Promosi konten: memanfaatkan saluran untuk mempromosikan konten, seperti media sosial, email marketing, atau iklan berbayar, yang bisa mendorong audiens untuk berinteraksi seperti komen, like atau share

5. Email marketing

Strategi pemasaran digital yang menggunakan email untuk menjangkau target audiens, Meskipun dianggap lama email marketing menjadi salah satu saluran paling efektif dalam membangun hubungan dengan pelanggan dan meningkatkan penjualan

Manfaat email marketing:

  • Lebih mudah memperoleh data pelanggan 
  • Menjaga relasi dengan pelanggan 
  • Desain email bisa di sesuaikan
  • Lebih personal
  • Media survey
  • Hasil promosi dapat diukur
  • Media rekam jejak 
  • Media komunikasi dua arah
  • Lebih hemat biaya 

6. Affiliate marketing

Affiliate marketing adalah sistem promosi dimana seseorang mendapatkan komisi dari hasil penjualan produk atau link afiliasi. Strategi ini digunakan oleh perusahaan digital lainnya untuk memperluas jangkauan pasar. biaya rendah bagi produk potensi penghasilan pasif bagi affiliate

7. Influencer marketing

Influencer marketing memanfaatkan individu dengan pengaruh besar di media sosial untuk mempromosikan produk jasa. Strategi ini sangat efektif untuk membangun kepercayaan karena audiens lebih percaya pada rekomendasi personal dibanding iklan biasa,

  • Pilihlah influencer yang sesuai dengan niche bisnis 
  • Memiliki engagement yang tinggi, bukan hanya followers banyak

Kesimpulan

Mengetahui berbagai jenis-jenis pengertian digital marketing adalah langkah awal yang sangat penting untuk membangun strategi pemasaran online yang sukses, setiap jenis memiliki kelebihan dan tantangan tersendiri, sehingga kombinasi strategi seringkali menjadi pendekatan terbaik. Dengan memahami audiens dan tujuan bisnis anda, maka anda bisa memilih metode digital marketing yang paling tepat untuk mencapai hasil maksimal

Faq mengenai jenis-jenis digital marketing

Apa itu digital marketing?

Digital marketing adalah semua bentuk pemasaran yang menggunakan media digital atau internet untuk mempromosikan produk dan jasa kepada konsumen

Jenis digital marketing mana yang paling efektif?

Efektivitas tergantung pada tujuan bisnis. Untuk jangka panjang, SEO dan content marketing sangat powerful. Untuk hasil cepat, SEM dan social media ads lebih cocok

Apakah bisnis kecil perlu digital marketing?

Sangat perlu. Digital marketing memungkinkan bisnis kecil bersaing dengan brand besar karena lebih hemat biaya dan bisa menargetkan audiens secara spesifik

Apakah perlu menggunakan semua jenis digital marketing?

Tidak harus. Fokuslah pada beberapa jenis yang sesuai dengan target market dan kemampuan tim Anda, lalu kembangkan perlahan sesuai kebutuhan

Berapa biaya digital marketing?

Biayanya sangat bervariasi, tergantung strategi dan platform. SEO bisa lebih hemat dalam jangka panjang, sedangkan SEM dan ads membutuhkan anggaran rutin