Bali tidak pernah kehabisan topik mulai dari panorama alam yang banyak digemari dan wisata bali yang memukau, bali sebagai destinasi wisata internasional, menjadi magnet kuat untuk para pebisnis dari dalam maupun luar negeri, di tahun 2025 ini peluang usaha di bali semakin menjanjikan seiring pulihnya pariwisata pasca pandemi, namun untuk sukses di pulau dewata, pelaku usaha harus bisa menangkap peluang yang sesuai dengan karakter pasar lokal maupun internasional, Berikut beberapa peluang bisnis di bali dan ide usaha
1. Eco – tourism dan wisata berkelanjutan
Tren wisata berkelanjutan terus berkembang dengan seiring nya kesadaran lingkungan wisatawan terlebih pariwisata mancanegara seperti eropa, australia, kini lebih tertarik pada pengalaman lokal yang ramah lingkungan, seperti menginap di eco – lodge, mengikuti tour alam dengan pemandu warga lokal untuk mengetahui tentang pertanian organik,
Ide usaha: penginapan ramah lingkungan (eco – villa), wisata pertanian dengan pemandu warga setempat, dan juga bisa dengan penyewaan kendaraan listrik mengelilingi tempat tersebut
2. Kafe dan restoran berkonsep unik
Wisatawan ke bali biasa untuk menikmati indah nya bali dan konsep unik yang ada di bali, oleh karena itu, membangun bisnis kafe tematik dan restoran dengan konsep immersive yang berkonsep unik, dan makanan sehat, akan menjadi pengalaman tersendiri,
Ide usaha: cafe dengan desain instagramable restoran dengan konsep unik dan makanan sehat lokal atau internasional, bisa menjadi Bisnis kuliner di Bali
3. Digital
Bali adalah salah satu hub digital nomad dunia, kota seperti canggu dan ubut penuh dengan ekspatriat yang bekerja secara remote
Ide usaha: co – working dan co – living space konsultan visa, jasa laundry, pengiriman makanan, dan transportasi untuk ekspat kelas yoga, workshop kreatif untuk mengisi waktu luang
4. Oleh oleh dan souvenir
Pasar oleh oleh bali sangat luas, bali juga dikenal dengan kerajinan tangan yang unik, banyak wisatawan lebih suka produk yang otentik yang mampu berinovasi dengan desain dan pengemasan, hal ini mampu menembus pasar domestik maupun ekspor
Ide usaha:kerajinan tangan berdaur ulang, produk perawatan tubuh berbahan alami khas bali, souvenir digital seperti NFT seni lokal
Berikut beberapa tabel tentang peluang bisnis di bali
Jenis bisnis | kategori | Target pasar | Kunggulan di bali |
Villa & homestay | Properti & perusahaan | Wisatawan domestik & mancanegara | Tingginya angka kunjungan di bali setiap tahunya |
Coffee shop & coffee instagramable | Kuliner & lifestyle | Millennial & wisatawan | Tempat ngopi menjadi tren di kalangan wisatawan |
Rental mobil & motor | transportasi | Wisatawan | Banyak wisatawan membutuhkan kendaraan untuk explore bali |
Tour & travel organizer | pariwisata | Wisatawan domestik & internasional | Banyak yang mencari paket wisata & guide |
Kuliner lokal (warung modern) | kuliner | Wisatawan & warga lokal | Makanan khas bali banyak diminati wisatawan |
Toko oleh’’ khas bali | Retail & cendramata | wisatawan | Wisatawan banyak membeli cinderamata di bali |
Usaha laundry area wisata dan villa | Jasa & harian | wisatawan | Banyak akomodasi tidak punya laundry sendiri |
Spa & wellness | Kesehatan & kecantikan | Wisatawan & lokal | Bali terkenal dengan yoga, spa |
berikut beberapa tips menjalankan bisnis di bali:
1. Fahami budaya dan tradisi di bali
Berbisnis di bali tidak lepas dari nilai nilai adat dan tradisi masyarakat, pelaku usaha harus memiliki hubungan baik dengan warga lokal, mengetahui kalender upacara dan menghormati tradisi adat istiadat
Contoh: tepat pada hari nyepi jangan mengadakan acara apapun, dan libatkan warga lokal dalam kegiatan usaha anda
2. Bangun personal branding yang bagus
Bisnis di bali sangat mengandalkan pemasaran digital hampir semua wisatawan mencari informasi di instagram, google maps, tiktok, maka dari itu ulasan dari pelanggan sangat penting
Tips: gunakan fotografer yang profesional yang bisa menghasilkan konten yang bagus, aktif di media sosial guna membalas semua ulasan pelanggan, buat website dengan informasi yang lengkap dan mudah
3. fokus pada customer
Bisnis wisata bukan hanya menjual produk, tapi juga pengalaman. Pelayanan yang ramah, suasana yang nyaman dan fasilitas yang bersih akan membuat bisnis anda menonjol, Bisnis wisata bukan hanya menjual produk, tapi juga pengalaman. Pelayanan yang ramah, suasana yang nyaman dan fasilitas yang bersih akan membuat bisnis anda menonjol
Contoh : banyak villa di bali sukses karena viral nya kolam renang bentuk unik atau menjadi pengalaman spot foto terbaik
4. Beradaptasi dengan tren
Selalu update tentang trend yang sedang viral. misalkan Tentang wisata kuliner, dan gaya hidup
Contoh: jika tahun lalu tren healty juice sedang naik, tahun ini bisa sudah bergeser ke adaptogen drinks
Kesimpulan
Tahun 2025 memang menawarkan banyak peluang emas bagi pelaku usaha di bali, namun kesuksesan bukan cuma tentang ide yang bagus tapi bagaimana anda bisa mengelola dan mengeksekusi dengan memahami karakter lokal, serta dengan membangun jaringan yang kuat dan berinovasi bali adalah tempat yang unik untuk anda memulai bisnis
Iya, banyak pendatang dari dalam maupun dari luar yang sukses berbisnis di bali, namun penting untuk regulasi, izin usaha, dan menjaga hubungan baik dengan komunitas lokal
Berikut beberapa bisnis yang cocok untuk pemula di antaranya, warung makan kecil, bisnis oleh oleh khas bali, jasa photographer, dan jasa laundry
Tergantung jenis usahanya contoh, warung makan kecil kisaran Rp10 – 30 juta, toko oleh oleh kisaran Rp 50 – 100 juta
Potensi ekonomi di bali bisa dari pasar tradisional atau pusat bisnis modern, pasar tradisional berperan penting dalam ekonomi lokal, tempat ini banyak menawarkan berbagai kerajinan tangan, dan hasil pertanian