Di era serba digital ini, hampir seluruh aktivitas bisnis berpindah ke ranah online, inilah yang membuat strategi digital marketing menjadi bagian penting dalam pertumbuhan bisnis yang modern, tidak hanya untuk perusahaan besar, brand kecil pun sudah mengoptimalkan pemasaran digital guna menjangkau audiens yang lebih luas dalam menjangkau penjualan. namun agar hasilnya maksimal, di perlukan strategi yang tepat dan sesuai dengan krakteritis bisnis
Apa itu strategi digital marketing?
Strategi digital marketing adalah serangkaian langkah atau rencana yang disusun untuk memasarkan produk atau jasa melalui media digital seperti website, media sosial atau, mesin pencari seperti google, email dan platform online lainnya. Strategi ini mencangkup berbagai teknik-teknik untuk menarik, mengonversi, dan mempertahankan pelanggan. Berbeda dengan pemasaran tradisional, digital marketing memungkinkan untuk menganalisis data secara real-time, sehingga pengambilan keputusan bisa lebih cepat dan tepat sasaran
Manfaat implementasi strategi digital marketing
Beberapa manfaat utama yang didukung oleh berbagai sumber:
- Mampu menjangkau audiens lebih luas dan tersegmentasi: bisa menarget personal lokal atau global dengan personalisasi berdasar demografi, perilaku, atau lokasi
- Efisiensi biaya dan waktu: lebih hemat dari pada pemasaran tradisional dan dapat diukur secara real-time
- Evaluasi mudah dan cepat: analytics tool memungkinkan memantau performa kampanye secara langsung, sehingga strategi bisa disesuaikan dengan cepat
- Pertumbuhan bisnis lebih cepat: dengan strategi yang tepat dan relevan bisnis bisa berkembang dengan cepat dalam waktu yang singkat, berkat daya jangkau digital yang luas
- Personalisasi dan hubungan jangka panjang: dengan menggunakan strategi email marketing, otomatisasi, dan konten yang relevan bisa untuk meningkatkan loyalitas pelanggan
Jenis-jenis digital marketing
Berikut beberapa digital marketing yang paling efektif yang sering digunakan saat ini:
- Search engine optimization (SEO): SEO bertujuan meningkatkan meningkatkan visibilitas website di hasil pencarian google. Strategi ini mencangkup riset keyword, optimasi konten, backlink, hingga kecepatan website.
- Content marketing: membuat dan mendistribusi konten yang bernilai dan relevan seperti artikel blok, video infografic, e-book untuk menarik dan mempertahankan audiens
- Email marketing: mengirimkan email berisi promosi produk, newsletter, kepada pelanggan untuk menjaga hubungan dan meningkatkan penjualan
- Sosial media marketing: membentuk promosi sosial media untuk bisnis melalui platform seperti instagram, tiktok, facebook, strategi ini berfokus pada interaksi storytelling dan membangun komunitas
- Affiliate marketing: bekerja sama dengan pihak ketiga (afiliasi) yang akan mempromosikan produk anda, keuntungan afiliasi adalah mendapatkan komisi dari produk yang sudah terjual
- Influencer marketing: menggandeng tokoh populer di media sosial untuk mempromosikan produk anda kepada followers mereka dengan mereview atau membuat konten yang menarik
- Video marketing: menggunakan video sebagai alat promosi, baik di youtube, instagram, tiktok, konten bisa berupa tutorial atau mereview produk, buatlah video yang bagus yang relevan dengan durasi yang standar, karena di tiktok kebanyakan orang lebih suka konten yang menarik tapi tidak membosankan
- Marketing automation: mengotomatiskan alur pemasaran seperti penjadwalan posting, email drip camping, segmentasi audiens untuk efisien dan konsisten
Cara menyusun strategi digital yang efektif
strategi | Penjelasan singkat |
Tetapkap tujuan yang jelas | Misalnya brand awareness, traffic website, led, penjualan. |
Kenali audiens | Bangun personal berdasarkan demografi, ketertarikan dan perilaku online |
Pilih saluran yang tepat | Saluran yang tepat berdasarkan audiens & tujuan, misalnya SEO, sosial media, email. |
Buat konten yang berkualitas | Buat konten yang mengandung edukatif, informatif, dan SEO friendly |
Optimalkan budget dan anggaran | Sesuaikan besaran biaya khususnya untuk SEM atau ads |
Lakukan tracking & evaluasi | Gunakan tools seperti google analytics, dasboardiklan, |
Tingkatkan konversi | Optimakan landing page |
Kesimpulan
Strategi digital marketing memang sangat dibutuhkan di semua bisnis mulai dari brand lokal sampai internasional pun membutuhkan strategi digital yang efektif dan relevan dengan memanfaat berbagai jenis-jenis digital marketing. Dengan memanfaatkan semua strategi digital maka brand anda akan berpotensi untuk terus berkembang, dengan memanfaatkan media digital secara optimal maka perusahaan akan bisa menjangkau audiens yang lebih luas, hingga mendorong konversi penjualan
Faq mengenai memanfaatkan strategi digital marketing
Tidak harus, pilih saluran berdasarkan kekuatan bisnis dan audiens yang ingin di jangkau, semisal fokus dulu pada 1-2 saluran utama dan evaluasi performa, baru berskala bila ada hasil
Gunakan analytics tool untuk pelacakannya, untuk mengukur keberhasilannya gunakan KPI seperti traffic dan email engagement di sosial media
Digital marketing adalah semua metode pemasaran digital. Strategi digital adalah rencana konkret, cara dan kanal apa yang digunakan di waktu apa, untuk mencapai tujuan bisnis tertentu
Influencer membantu membangun kredibilitas dan meningkatkan awareness dengan basis pengikut yang relevan. Ideal untuk produk, beauty, lifestyle, makan dan sejenisnya
jika anda tidak mempunyai watu atau tim untuk mengkordinir, menggunakan digital agency bisa menjadi solusinya yang praktis dan efisien