Di era serba digital ini, digital marketing menjadi salah satu bidang karir yang sangat menjanjikan,model pemasaran ini telah menjelma menjadi mesin penggerak utama dalam strategi bisnis, mulai dari brand besar hingga lokal semua membutuhkan strategi pemasaran yang efektif dan relevan, perusahan dari berbagai industri terus mencari talenta yang mampu mengelola kampanye online secara efektif, memahami digital marketing dapat membuka pintu menuju karir yang menjanjikan di berbagai bidang , kamu dapat menjadi SEO, manajer sosial media sosial dan copywriter dll, langkah awal anda harus memahami apa saja pengertian digital marketing dan prospek karir nya, untuk sukses dalam karir dunia digital anda perlu menguasai beberapa keterampilan penting di antaranya:
- Search engine optimization (SEO)
- Sosial media marketing
- Email marketing
- Pay-per-click advertising (PPC)
- Content marketing
Bidang karir digital marketing dan job desc-nya
Ingin berkarir di bidang ini? First off all, kamu harus tau apa aja bidang dunia digital yang ada saat ini, berikut penjelasan tugas job desc di masing masing bidang,
1. Seo specialist
Seo specialist sangat dibutuhkan di berbagai perusahaan untuk meningkatkan traffic dan ranking pencarian di website perusahaan dengan berbagai teknik SEO, hal ini bertujuan untuk meningkatkan brand awareness dan visibilitas di mesin pencari, pekerjaan ini membutuhkan skill teknis yang gak sedikit , berikut beberapa skill yang harus kamu kuasai:
- Kemampuan riset
- Menulis konten
- Menguasai tools analytic
- Analisis
- Link building
- Komunikasi yang baik
- Keinginan untuk terus belajar
Job decs dan Gaji seo specialist
posisi | brand | Kisaran gaji (indonesia) |
SEO specialist | Tokopedia | Rp 8,000,000 – Rp 9,000,000 |
SEO specialist | iprospect | Rp 6,000,000 |
SEO specialist | Astra internasional | Rp 9,000,000 – Rp 10,000,000 |
SEO specialist | traveloka | Rp 7,000,000 – Rp 8,000,000 |
SEO specialist | hashmicro | Rp 6,000,000 – Rp 7,000,000 |
2. Content writer/copywriter
Seorang content writer bertugas bertanggung jawab untuk menulis konten bagi sebuah website perusahaan atau klien, tugas pertama adalah membuat konten yang menarik dan relevan,Membuat tulisan yang singkat, padat, jelas dan menarik bagi pembaca itu bukan hal yang mudah,mereka setiap harinya harus memutar otak bagaimana menulis konten yang diminati oleh para pembaca, itu lah tugas content writer/copywriter Bertugas untuk menghasilkan tulisan yang menarik seperti artikel blok, caption di media sosial, iklan digital hingga email pemasaran yang sesuai dengan tone perusahaan,
Perbedaan antara content writer/copywriter:
Content writer biasanya bertujuan untuk memberikan informasi yang engaging mengajak para pembaca sementara itu, copywriter lebih ke arah menaikkan penjualan sing up, download atau membeli suatu produk, copywriter harus mahir dalam merangkai kata kata dan menyusun kalimat yang efektif dan sesuai dengan target audiens
Tanggung jawab content writer:
- Membuat dan mengelola, dan mendistribusi konten
- Melakukan riset
- Mengenal SEO
- Memiliki kemampuan editorial
- Membuat panduan gaya penulisan
- Mengukur performa konten
- Berkolaborasi dengan beberapa pihak
2. Sosial media marketing
Hampir setiap orang memiliki akun sosial media dari berbagai rentang umur wajar saja perkembangan dunia digital semakin meluas seperti, facebook instagram, youtube, tiktok, untuk bekerja di bidang ini kamu harus mempunyai pengetahuan tentang algoritma media sosial, agar konten yang dibuat sesuai dengan target audiens
3. Sosial media marketing
Adalah seseorang yang profesional bertanggung jawab mengelola pemasaran yang melibatkan (KOL) atau influencer,pasti kamu sering melihat influencer atau artis mereview suatu produk atau layanan, itulah tugas seorang KOL specialist mengembangkan dan menjalankan strategi pengguna KOL dan termasuk membuat ide konten
4. Digital marketing consultant
Adalah Seseorang yang profesional membantu bisnis dan merancang strategi pemasaran digital, agar kamu bisa menggeluti bidang yang satu ini kamu membutuhkan beberapa tahun pengalaman bekerja, karna tugas seorang digital marketing consultant adalah menganalisis kampanye sebuah perusahaan,
Gaji digital marketing
setelah mengetahui apa saja bidang dunia digital, sekarang coba liat berapa perkiraan gaji untuk profesi digital marketing berdasarkan jenjang karier:
posisi | Kisaran gaji (indonesia) |
Digital marketing staff | Rp5.000.000-Rp8.000.000 |
Digital marketing specialist | Rp6.000.000-Rp10.000.000 |
Digital marketing analyst | Rp10.000.000 |
Digital marketing manager | Rp12.000.000-Rp18.000.000 |
Sosial media spesialist | Rp7.000.000 |
Content writer | Rp5.000.000-Rp7.000.000 |
Paid media sosial specialist | Rp60.000.000/tahun |
PPC specialist | Rp4.500.000-Rp6.500.000 |
Email marketing specialist | Rp5.000.000 |
Jenjang karir digital marketing
Jenjang karir dan Pengertian prospek karir di dunia digital berikut beberapa penjelasannya.
1. entry level
Langkah awal bagi pemula biasanya dimulai sebagai intern atau digital, marketing asistent, di posisi ini kamu biasanya akan belajar dasar dasar seperti, manajemen sosial media, penulisan konten dasar (copywriter), entry level biasanya tidak memerlukan pengalaman kerja yang banyak bahkan sering kali di buka bagi mereka yang baru lulus sekolah atau kuliah, berikut beberapa peluang pekerjaan entry level yang ada di indonesia.
posisi | Tanggung jawab utama | Kisaran gaji (indonesia) |
Staff administrators | Bertanggung jawab mengelola berbagai aspek di perusahaan | RP3.500.000-5.000.000 perbulan tergantung UMR perusahaan |
Customer service | Fokus pada penyediaan informasi produk, termasuk menjawab pertanyaan pelanggan | RP3.000.000-5.000.000 per bulan tergantung UMR perusahaan |
Sales associate | Berperan untuk memperkenalkan produk kepada audiens dan menjawab pertanyaan audiens | RP3.000.000-5.000.000 per bulan tergantung UMR perusahaan |
HR generalist | Bertugas meliputi perekrutan dan pengelolaan karyawan di perusahaan | Rp 5.000.000 per bulan tergantung UMR perusahaan |
Graphic desainer | Bertugas mendesain berbagai materi promosi dan periklanan termasuk lowo, halaman web | Rp6.000.000-Rp 5.000.000 per bulan tergantung UMR perusahaan |
2. specialist/officer
Setelah memiliki pengalaman di entry level, kamu bisa menjadi SEO specialist,sosial media specialist, content specialist. specialist/officer memiliki keahlian khusus dan ditugaskan untuk menjalankan tugas tugas yang berkaitan dengan bidang tersebut
Perbedaan antara specialist and officer:
- Sosial media specialist fokus pada menganalisis data hasil kampanye yang dilakukan dengan menggunakan beberapa alat analitik dengan begitu sosial media specialist akan menilai performa konten dan tingkat engagement yang tercapai, serta mengumpulkan strategi untuk mencapai tujuan pemasaran
- Sosial media officer: tugas utama adalah memastikan operasional media berjalan dengan baik setiap harinya, memastikan jadwa jadwal posting serta berinteraksi langsung dengan audiens, sosial media officer bertanggung jawab mengelola sosial media dan memantau engagement serta merespon komentar atau pesan yang masuk
3. Lead
Adalah calon pembeli atau pelanggan atau orang yang tertarik dengan dengan produk dan layanan yang ditawarkan sebuah bisnis,lead sendiri adalah Posisi awal dalam proses pemasaran, membantu bisnis mengidentifikasi calon pelanggan, lead bisa berasal dari mana saja, bisa dari iklan, email marketing, atau dari SEO, LEAD belum tentu membeli, tapi mereka adalah awal dari peluang penjualan,
Pentingnya LEAD dalam produk atau layanan:
- Meningkatkan potensi konversi
- Memperluas jangkauan dan meningkatkan brand awareness
- Memperkuat hubungan customer
4. Manager
Ini adalah puncak posisi dalam jenjang karir, seorang manajer digital marketer bertanggung jawab atas seluruh kegiatan pemasaran digital di berbagai kanal, mengawasi semua level di bawahnya dan bertanggung jawab untuk mengelola strategi pemasaran di perusahaan, dan kamu harus bisa menguasai semua keahlian dunia digital, dan memiliki pengalaman minimal 5 sampai 6 tahun
penutup
Karir digital marketing itu dinamis, dunia digital selalu berubah, maka dari itu komitmen untuk belajar dan terus beradaptasi adalah kunci utama, tidak peduli dari mana kamu memulai jenjang karir di dunia digital selalu terbuka bagi yang serius menekuninya
sangat besar dan menjanjikan kesempatan berkarir di dunia digital tidak hanya terbuka bagi lulusan jurusan teknologi informasi saja, yang terpenting kamu mempunyai minat yang kuat dan menekuni bidang itu, karna perusahaan lebih mengutamakan kemampuan praktis dan portofolio
Langkah pertama adalah memahami dasar dasarnya, seperti SEO,SEM,media sosial, dan konten marketing setelah itu tentukan target marketing
tips kuasai tools dasar seperti google analytics, canva, meta dan business suite
karna perusahaan dari berbagai industri terus mencari talenta untuk mengelola kampanye online secara efektif,