Business Directories
Contact Us

Become a member

Get the best offers and updates relating to Liberty Case News.

Iklan facebook, strategi & tips jualan online

Di era digital ini, keberadaan bisnis online tidak akan maksimal tanpa strategi pemasaran yang kuat. Salah satu alat paling efektif untuk meningkatkan penjualan dan...
HomeDigital7 job desk digital marketing dan skill yang dibutuhkan

7 job desk digital marketing dan skill yang dibutuhkan

Digital marketing kini menjadi salah satu bidang yang sangat dibutuhkan di era serba online seperti sekarang, banyak perusahaan dari brand besar hingga lokal semua membutuhkan strategi digital marketing untuk meningkat kehadiran suatu brand di dunia maya, digital marketing adalah pemasaran yang dilakukan melalui media digital seperti, website, media sosial email mesin pencari dan platform digital lainnya, berikut ini beberapa skill yang dibutuhkan dan job desk utama digital marketing:

1. Content marketing specialist

Content marketing specialist adalah seseorang yang profesional di bidang digital yang merencana untuk mengoptimalkan, dan merencanakan pembuatan konten yang menarik, dan mempertahankan audiens secara strategis, tujuan utamanya adalah meningkatkan brand awareness, traffic, dan konversi melalui konten yang relevan

Tugas / job desk digital marketing

Tugas utamaPenjelasan singkat
Membuat strategi kontenMenyusun perencanaan konten berdasarkan target audiens dan tujuan bisnis
Menulis dan mengelola artikel & blogMenyediakan konten informatif dan seo friendly untuk blog dan website
Produksi konten multimediaMembuat konten visual seperti seperti video, atau popcash jika dibutuhkan
Riset kata kunci (keyword research)Membuat kata kunci yang relevan dan memiliki volume pencarian yang tinngi
Menganalisa performa kontenMenggunakan tools seperti google analytics untuk mengevaluasi efektivitas konten
Kolaborasi dengan tim lainBekerja sama dengan tim seo desainer, dan sosial media untuk kampanye

Skill yang dibutuhkan

  • Kemampuan menulis dan storytelling yang kuat
  • Memahami seo dasar hingga menengah
  • Kreativitas dalam membuat konten yang menarik
  • Familiar dengan tools seperti google analytics, wordpress, CSM 

2. SEO specialist (search engine optimization)

Seo specialist bertanggung jawab memastikan situs web muncuk dihalaman pertama mesin pencari

Job desk:

  • melakukan riset kata kunci (keywords): adalah proses mencari frasa yang digunakan oleh orang orang untuk mencari informasi di mesin pencarian google, tujuannya untuk memahami apa yang di cari audiens sehingga kamu bisa membuat konten yang relevan 
  • mengoptimalkan web (on-page off-page seo): adalah dua strategi dalam SEO yang bertujuan untuk meningkatkan peringkat di website di mesin pencarian seperti google
  • menganalisis trafik website: adalah proses mengamati, mengukur dan mengevaluasi data pengunjung website

Skill yang dibutuhkan:

  • Penggunaan tools seperti google analytics
  • Kemampuan analisis data
  • Penulisan seo friendly
  • Keterampilan manajemen proyek
  •  Kemampuan beradaptasi
  • Penggunaan alat seo

3. Social media strategist

Seseorang yang profesional untuk bertanggung jawab mengelola dan mengoptimalkan kehadiran sebuah brand di media sosial di berbagai platform, seperti tiktok, instagram, facebook, linkedin, platform ini menjadi wabah penting untuk branding dan komunikasi.

Job desk: 

  • membuat kampanye media sosial: adalah proses merancang dan menjalankan strategi pemasaran di berbagai platform seperti instagram, facebook, tiktok, twitter dan lainnya, untuk meningkatkan brand awareness, engagement, atau penjualan
  • Menjadwalkan dan memonitor postingan: adalah dua strategi penting dalam strategi media sosial untuk memastikan konten yang kamu buat bekerja dengan maksimal 
  • Berinteraksi dengan audiens dan membangun komunitas: adalah bagian penting dari dunia digital termasuk di media sosial, strategi ini bukan cum tentang menjawab dm atau komentar audiens tapi juga tentang membangun hubungan yang jangka panjang

Skill yang dibutuhkan: 

  • Pemahaman tren media sosial media
  • Keterampilan dalam komunikasi
  • Kreativitas dalam membuat konten

4. Performa marketing specialist

Lebih fokus pada kampanye berbayar seperti google ads, meta ads, dan lainnya, tujuan utama untuk menghasilkan konversi

Job desk:

  • Mengatur kampanye iklan digital
  • Mengoptimalkan anggaran untuk hasil maksimal
  • Menganalisis dan melaporkan performa iklan
  • Mengetahui tentang google ads & facebook

Skill yang dibutuhkan:

  • Mengetahui tentang google and
  • Kemampuan membaca data dan laporan 
  • Memahami funnel marketing

5. Email marketing

Email tetap menjadi salah satu cara paling efektif untuk menjaga relasi dengan pelanggan, email marketing adalah Strategi pemasaran digital yang menggunakan email untuk menjangkau target audiens, Meskipun dianggap lama email marketing menjadi salah satu saluran paling efektif dalam membangun hubungan dengan pelanggan dan meningkatkan penjualan

Job desk: 

  • Merancang strategi email: menentukan jenis email sesuai dengan target kampanye
  • Menulis dan menyusun konten email: membuat konten writing yang menarik dan mengandung call to action
  • Mengatur jadwal pengiriman: menentukan jadwal terbaik untuk mengirim email agar open rate dan klik tinggi

Skill yang dibutuhkan

  • Copy writing yang menarik
  • Tau cara menggunakan tools
  • Pemahaman customer journey

6. UI / UX designer untuk kampanye digital

Walaupun bukan murni di bidang marketing UI / UX sangat penting dalam proses konversi pengguna di website atau aplikasi

Job desk: 

  • Mendesain landing page kampanye: membuat halaman khusus yang responsif dan menarik, misalkan (promosi, pendaftaran event , launching produk)
  • Kolaborasi dengan tim digital marketing: berkolaborasi dengan copywriter, digital strategist dan developer agar desain mendukung tujuan.⁠

Skill yang dibutuhkan:

  • Menguasai tools desain seperti pigma, adobe XD
  • Estetika pengguna yang kuat
  • Pemahaman alur pengguna dan A/B testing

7. ⁠Digital Marketing Manager

Ini adalah peran strategis dan biasanya berada di posisi manager. Bertugas menyusun arah strategi digital secara keseluruhan.

Job Desk:

  • Menyusun dan mengawasi keseluruhan strategi digital.
  • Mengelola tim digital marketing.
  • Menentukan anggaran dan KPI tim.

Skill yang Dibutuhkan:

  • Leadership dan manajemen tim.
  • Pengetahuan menyeluruh tentang semua channel digital.
  • Pengambilan keputusan berbasis data.an bisnis

Kesimpulan

Job desk digital marketing sangat luas dan mencakup banyak area mulai dari strategi, konten, seo hingga analisis data, seiring perkembangan dunia digital, peran ini sangat mendukung pertumbuhan bisnis secara online, skill yang dibutuhkan pun beragam mulai dari kreatif teknis, hingga analisis